Header Ads

  • Breaking News

    Kajian Teknologi Kemasan Untuk Memperpanjang Umur Simpan Cabai Merah Segar [PDF]

    Kajian Teknologi Kemasan Untuk Memperpanjang Umur Simpan Cabai Merah Segar di Provinsi DKI Jakarta
    ISBN

    Penulis
    Waryat, Rachmawati, Muflihani Yanis.
    Penerbit
    Prosiding Seminar Nasional Agroinovasi Spesifik Lokasi Untuk Ketahanan Pangan Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. 
    Halaman
    8
    Berkas
    PDF

    Cabai merupakan salah satu komoditas penting bagi perekonomian Indonesia.Dari sisi konsumsi, cabai mempunyai pangsa yang cukup signifikan tercermin dari bobot inflasinya mencapai 0,40%. Cabai merupakan komoditas yang mudah mengalami kemunduran mutu (perishable) yang menyebabkan masa simpan cabai tidak tahan lama (2-4 hari). Pengemasan dapat menghambat laju metabolisme dan berkembangnya mikroorganisme pada cabai. 

    Tujuan pengkajian ini adalah mengetahui pengaruh teknologi kemasan terhadap umur simpan dan tingkat kerusakan fisik-kimia cabai merah segar. Rancangan yang digunakan dalam pengkajian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) sebagai perlakuan utama adalah jenis kemasan. Jenis kemasan yang digunakan (plastik, jaring, dan kardus). 

    Parameter yang diamati meliputi susut bobot, kadar air, warna, vitamin C dan tingkat kerusakan. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa kemasasan dapat menurunkan tingkat kerusakan dan susut bobot cabai merah. Jenis kemasan yang terbaik adalah kardus yang mempunyai karakteristik susut bobot 5,62%, kadar air 86,47%, warna 40,67, vitamin C 297,97 mg/100g dan tingkat kerusakan30%. Kesimpulan didapat bahwa penggunaan kemasan dapat memperpanjang umur simpan cabai merah.


    Unduh Artikel PDF Kajian Teknologi Kemasan Untuk Memperpanjang Umur Simpan Cabai Merah Segar.

    GOOGLE DRIVE ORIGIN SOURCE

     

    • File PDF di atas adalah pratinjau dari file aslinya, dukung penulisnya dengan membeli buku tersebut jika tersedia di toko buku terdekat di kotamu.
    • File PDF di Google Drive merupakan backup file, download file dari source asli / origin source terlebih dahulu.

     

     

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ad728