Header Ads

  • Breaking News

    Sekilas skema kemitraan pada bisnis online groceries

    Artikel ini menfokuskan pada skema kemitraan dalam menjalankan bisnis online groceries dan fokus di food and beverage.

    Berikut ini merupakan sekilas skema bisnis kemitraannya: 
    1. Penyedia jasa meng-create Mitra / entrepreneur untuk menjalankan bisnis
    2. Setiap Mitra mendapatkan radius ekslusif areanya seluas 3 km dari tempat tinggal mitra tersebut dengan market potensial 20.000 resident yang akan belanja kebutuhan pokoknya lewat aplikasi.( fix order).
    3. Setiap Mitra hanya bisa menangani 100 order setiap harinya dari orderan yang tercakup dalam coverage radiusnya masing2.Kondisi :
      Mitra layaknya punya supermarket super lengkap diarea nya masing-masing tanpa harus investasi yang cukup besar dan stock barang yang terlalu banyak karena semua produknya ada di aplikasi/cloud itu kami namakan "Virtual Store" (tidak ada toko fisiknya akan tetapi jika customer pesan barangnya akan disediakan oleh mitra disekitar areanya).
    4. Bagaimana Mitra menyiapkan barang pesanan konsumen ? 
      • Mitra terima order dari konsumen via aplikasi yang last ordernya jam 21:00. 
      • Setelah itu mitra berbelanja di Pasar Tradisional yang terdekat dari areanya masing2 pada malam harinya . 
      • Lalu melakukan proses quality control dan packaging.
      • Barang dikirim kerumah konsumen antara pkl 06:00 pagi s/d 10:00 pagi setiap harinya.
    5. Dengan sistem Pre Order ini maka resiko barang tidak laku, stock expired dan overhead yang terlalu tinggi dapat diminimalisir, dan tercipta efisiensi yang cukup baik sehingga kita bisa memberikan harga jual yang sangat kompetitif ke masyarakat.
    6. Profit yang akan didapatkan Mitra antara lain :
      • Mendapatkan keuntungan dari selisih harga yg sudah di tetapkan oleh Mitra misal mulai dari 10% sd 25%. 
        Contoh :
        Harga dijual diaplikasi untuk membeli ½ kg kentang, Customer membayar seharga Rp. 9.000,  jika mitra beli di pasar tradisional seharga 6 ribu, maka mitra akan mendapatkan selisih harganya Rp. 3.000 ribu yg menjadi keuntungan mitra. Itu baru 1 item, tentu akan lebih banyak lagi jika mitra dapat melayani pembelian customer lebih dari 1 item.
      • Jasa ongkir Flat 10 ribu, yang dimana mitra akan mendapatkan sebesar 70 persen dari total biaya pengiriman. 
        Contoh :
        Biaya ongkir 1x pemesanan Rp. 10.000,-   Maka mitra akan mendapatkan Rp. 7.000,-   Jika pesanan 10x, maka tentu mitra akan mendapatkan Rp. 7.000 x 10 = Rp. 70.000. Catatan : Zona pengantaran hanya radius 3 km, artinya Mitra tidak perlu khawatir, karena pastinya customer yg order dalam jangkauan 3 km Mitra tertinggi saat ini sebesar 500 ribu per hari x 30 hari , maka penghasilan Mitra saat ini mendapatkan 15 juta per bulan.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ad728